Johnnydeppreads.com – Ciri khas Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar salah satunya tentu saja bisa dilihat dari perairannya. Selain menampakkan keindahannya, taman laut Indonesia juga mempunyai sederet fakta menarik yang mungkin saja belum banyak masyarakat yang mengetahuinya.

Keindahan taman laut Indonesia yang membentang dari Sabang sampai ke Merauke memang tidak perlu diragukan lagi. Terbukti, pemandangan alam bawah laut yang indah membuat negara kita dikenal memiliki ekosistem yang baik serta kekayaan alam yang melimpah ruah. Bahkan, adanya banyak taman laut juga memberikan banyak manfaat serta fungsi bagi masyarakat setempat. Oleh karenanya, tidak heran jika sebagian besar taman laut di Tanah Air selalu mendapat penjagaan dan perlindungan yang ketat dari pemerintah setempat. Tentu saja tujuan utamanya supaya tidak ada aktivitas manusia yang dapat menimbulkan kerusakan ekosistem serta membuat makhluk hidup di dalamnya punah.

Mengenal  Beragam Fakta Menarik Taman Laut Indonesia

Membahas keindahan taman laut yang ada di Indonesia tentu sangat menarik. Terlebih dengan segala keindahannya membuat beberapa taman laut negara kita menjadi tujuan utama para pelancong yang ingin menghabiskan masa liburan dengan memperoleh pengalaman paling memuaskan.

Karena perairannya yang luas, bahkan Indonesia menjadi negara yang paling potensial dalam mengembangkan industri pariwisatanya. Selain keindahan pegunungan, lautan di Indonesia telah menjadi daya tarik di mana beberapa banyak pantai, kepulauan hingga taman laut pun jadi objek pariwisata yang menyenangkan jika dikunjungi. Sementara itu, adapun beberapa fakta menarik taman laut Indonesia antara lain seperti berikut.

  1. Negara kepulauan terbesar

Sebelum mengenal lebih jauh keunikan dan keindahan taman laut Indonesia, kita tentu perlu mengenal identitas negara kita. Seperti diketahui bahwasannya Indonesia ialah negara kepulauan terbesar yang membuatnya dikenal sebagai negara maritim. Hal demikian pun dapat terlihat jelas dari luasnya perairan Nusantara. Jika dijumlah, laut Indonesia mempunyai luas lebih dari 5,8 juta km persegi.

  • Terumbu karang terluas di dunia

Jika bertanya negara mana yang mempunyai terumbu karang terluas di dunia, jawabannya tentu saja Indonesia. Negara kita punya terumbu karang terluas di dunia bahkan dengan spesies yang terbanyak sehingga jadi daya tarik tersendiri.

  • Habitat penyu terbanyak

Fakta menarik lain dari taman laut Indonesia yakni merupakan habitat penyu terbanyak yang ada di dunia. Terbukti, negara kita menjadi tempat tinggal bagi 6 dari 7 jenis penyu di dunia. Adapun beberapa contoh spesies penyu yang tinggal di perairan Indonesia antara lain seperti:

  • penyu hijau
  • penyu lekang
  • penyu sisik
  • penyu belimbing
  • penyu tempayan
  • penyu pipih.

Semua spesies penyu tersebar di seluruh perairan yang ada di Indonesia tentu sangat menarik. Dengan pengelolaan taman laut yang baik membuat penyu-penyu langka tersebut masih hidup sampai sekarang.

  • Tujuan utama menyelam

Sepertimana diketahui bahwa beberapa banyak taman laut Indonesia telah menjadi tujuan wisata bahari menarik dan populer di Indonesia, bahkan juga hingga ke mancanegara. Tidak sedikit dari wisatawan lokal maupun dari negara-negara lain yang mengunjungi beberapa taman  laut di Indonesia karena sangat mumpuni untuk dijadikan tujuan utama menyelam para divers profesional.

  • Arus yang besar

Fakta berikutnya mengenai taman laut Indonesia yang menarik buat diketahui ialah mempunyai arus yang relatif besar. Dengan keunggulannya ini menjadikan negara kita sebagai spot paling cocok untuk melakukan surfing atau berselancar. Apalagi, hal itu juga ditunjang dengan ombak yang besar sehingga memberikan tantangan tersendiri bagi para peselancar.

  • Tempat wisata menarik

Keberadaan taman laut Indonesia dengan jumlahnya yang besar tentu telah menjadikan negara kita tujuan utama destinasi wisata menarik, utamanya bagi para wisatawan mancanegara. Bukan hanya memiliki lokasi yang strategis, tetapi sejumlah taman laut di Indonesia bahkan diketahui juga mempunyai beberapa keunggulan.

Manfaat dan Fungsi Taman Laut Indonesia

Selain menjadi kawasan wisata bahari yang menarik dengan sejuta keindahan alam bawah lautnya, taman laut Indonesia juga mempunyai sederet manfaat dan fungsi yang sangat penting. Taman laut sendiri pada prinsipnya sebagai kawasan perlindungan ekosistem bawah laut yang dikelola oleh pemerintah setempat maupun komunitas masyarakat setempat. Selain itu, kawasan taman laut juga menjaga agar habitat dan ekosistem kehidupan bawah laut tidak terjadi pengrusakan dari aktivitas manusia. Manfaat utama lain dari adanya fungsi taman laut tentu saja bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama buat masyarakat sekitar.

Sejumlah Taman Laut Terkenal di Indonesia

Kita tentu telah mengenal sedikitnya beberapa taman laut tersohor yang menjadi destinasi wisata paling menarik buat dikunjungi. Beberapa diantaranya yang paling terkenal serta selalu banyak dikunjungi para pelancong antara lain seperti

Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Taman Laut Nasional 17 Pulau yang Cocok Jadi Destinasi Wisata Terbaik

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *