Johnnydeppreads.com – Dikenal sebagai negara kepulauan terbesar, Indonesia memegang begitu banyak kekayaan alam yang tidak ternilai jumlahnya. Salah satu keindahan yang mengindikasikan negara Indonesia yakni adanya Taman Laut Laut Nasional 17 Pulau yang berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat Indonesia sendiri pastinya sudah sering mendengar nama Labuan Bajo karena memang menjadi salah satu tempat terbaik yang memamerkan keindahan sekaligus kekayaan alam.

Taman Laut Nasional 17 Pulau mempunyai beragam ekosistem alam bawah laut serta kehidupan laut yang begitu memukau. Namun, yang paling menarik dari taman laut ini tentu saja panorama pulau-pulau tropisnya yang bakal menyuguhkan pengalaman eksplorasi tidak terlupakan bagi para wisatawan. Sesuai namanya, taman laut ini terdiri atas deretan pulau-pulau kecil, tersebar di sekitar wilayah Labuan Bajo.

Pada setiap pulaunya mempunyai keunikan, keindahan dan daya tarik tersendiri. Karena itulah Taman Laut Nasional 17 Pulau ini menjadi rekomendasi destinasi wisata terbaik Indonesia yang wajib dieksplor. Taman laut ini mencakup banyak sekali jenis ekosistem yang diantaranya terdiri dari hutan mangrove, terumbu karang, padang lamun dan lain sebagainya.

Dengan keanekaragamannya tersebut tentu telah mampu menciptakan habitat sangat melimpah untuk beragam jenis spesies laut. Meskipun namanya tidak sefamiliar seperti Bunaken, Raja Ampat ataupun Wakatobi, Taman Laut Nasional 17 Pulau ini punya panorama alam bawah laut beserta kekayaannya yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi.

Pesona Keindahan Taman Laut Nasional 17 Pulau d Labuan Bajo

Taman Laut Nasional 17 Pulau mulai dikenal tidak cuma karena lokasinya yang berada di Labuan Bajo, Lokasi yang memiliki sejuta keindahan alamnya. Namun, taman laut ini juga populer karena kemegahan dari terumbu karang yang ada di alam bawah lautnya. Terumbu karang yang berwarna-warni menghiasi keindahan bawah laut Taman Laut Nasional 17 Pulau.

Bukan hanya itu, taman laut nasional ini menyimpan keanekaragam biota laut sehingga mampu menciptakan pemandangan yang begitu menakjubkan dan bisa dilihat secara langsung dari atas permukaan lautnya. Di tempat ini, setidaknya terdapat kurang lebih 1000 spesies ikan yang mendiami perairan tersebut.

Taman Laut Nasional 17 Pulau juga jadi surga buat para snorkeler maupun penyelam untuk bisa menyaksikan lebih jelas keindahan bawah laut tempat wisata satu ini. Selain itu, bagi para pecinta biota laut, taman laut ini tentu jadi pilihan yang cocok dikunjungi. Tidak hanya akan menemukan satwa laut yang berukuran kecil, anda pun bisa melihat adanya hiu, penyu serta berbagai spesies unik dan menarik lainnya.

Rangkaian Pulau Tropis Taman Laut Nasional 17 Pulau

Gugusan keindahan pulau-pulau jadi daya tarik dari Taman Laut Nasional 17 Pulau. Dari banyaknya deretan pulau indah, salah satu yang cukup menarik serta paling terkenal ialah Pulau Kanawa. Pasir putihnya yang lembut serta kualitas air lautnya yang jernih semakin menambah keunikan tempat ini sehingga tidak salah jika saat ini Taman Laut Nasional 17 Pulau menjadi tujuan utama para snorkeler.

Untuk menikmati keindahan alam taman laut ini, tentu anda bisa berjemur di bawah terik matahari. Selain Pulau Kanawa, ada juga Pulau Padar sebagai salah satu pulau di Taman Laut Nasional 17 Pulau yang menyuguhkan pemandangan luar biasa di mana pengunjung bisa melihat pemandangan 3 teluk sangat ikonik. Terdapat puncak yang tinggi di pulau ini yang biasanya dikunjungi para wisatawan untuk menyaksikan keindahan panorama air laut dari atas ketinggian sehingga memberikan pengalaman yang menakjubkan.

Keragaman Aktivitas Wisata Taman Laut

Di Taman Laut Nasional 17 Pulau, terdapat beberapa fasilitas yang menunjang untuk kebutuhan aktivitas para pengunjung seperti untuk diving ataupun snorkeling. Beberapa spot untuk snorkeling seperti misalnya Manta Point menyuguhkan kesempatan wisatawan berenang bersama manta ray yang begitu megah.

Sejumlah pulau yang berada di taman laut ini pun menawarkan para pengunjung jalur trekking serta hiking yang begitu memikat dan bisa anda jumpai ketika mengunjungi Pulau Rinca dan Pulau Padar. Para wisatawan bisa dengan mudahnya menikmati pemandangan alam taman laut ini yang amat menakjubkan ketika menjelajahi pulau-pulau tersebut.

Pelestarian dan Konservasi

Guna menjaga dan melindungi kelestarian terumbu karang, Taman Laut Nasional 17 Pulau tentu selalu mendapat upaya pelestarian dari komunitas setempat maupun pihak berwenang. Makanya, tidak heran jika di taman laut ini kita bisa melihat kehidupan bawah laut yang masih terjaga dan terawat dengan sangat baik karena tidak adanya aktivitas yang merusak ekosistem dari manusia.

Sejumlah program pelestarian tersebut meliputi monitoring terumbu karang, edukasi lingkungan hingga penanaman terumbu. Beberapa pulau yang ada di taman laut ini pun juga jadi lokasi kamp konservasi penyu. Program tersebut bertujuan guna melindungi sarang penyu sekaligus upaya dalam meningkatkan kesadaran bagi seluruh masyarakat setempat terkait dengan pentingnya pelestarian hewan penyu.

Aksesibilitas dan Transportasi

Labuan Bajo yang merupakan pintu gerbang utama menyajikan aksesibilitas maupun transportasi bagi wisatawan untuk bisa mengunjungi Taman Laut Nasional 17 Pulau. Para pengunjung yang ingin mendatangi taman laut ini bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan beberapa jenis transportasi yang telah disediakan mulai dari kapal tradisional hingga speedboat yang semuanya bisa diatur ataupun disesuaikan di Labuan Bajo.

Bahkan, para pengunjung taman laut ini semakin dimudahkan dengan adanya beberapa agen perjalanan di mana menyediakan paket wisata serta liveaboard bisa menjadi sebuah pengalaman yang eksklusif bagi para divers yang ingin lebih jauh mengeksplorasi banyak tempat-tempat atau spot untuk menyelam.

Fasilitas Penginapan dan Restoran

Di sekitar wilayah Labuan Bajo, ada sejumlah resort maupun penginapan di tepi pantai yang menyuguhkan fasilitas eksklusif dan kenyamanan. Bahkan, beberapa diantaranya menawarkan akses langsung menuju perairan utama taman laut. Beberapa restoran di Labuan Bajo pun menawarkan beragam hidangan kuliner lokal yang khas dan lezat.

Para wisatawan juga bisa menikmati hidangan laut yang segar sembari menikmati keindahan pemandangan sunset di sore hari. Di area Taman Laut Nasional 17 Pulau khususnya di Labuan Bajo, anda dapat menemukan sejumlah tempat penginapan dengan menawarkan kenyamanan maupun akses ke keindahan alam sekitar. Untuk beberapa opsi penginapan paling recommended dan  populer yang ada di daerah tersebut antara lain seperti:

  • Ayu Lili Dive Resort
  • Plataran Komodo Resort & Spa
  • Sylvia Hotel & Resort
  • La Prima Hotel
  • Bajo Nature Backpackers
  • Green Hill Boutique Hotel
  • Le Pirate Labuan Bajo
  • Jayakarta Suites Komodo-Flores
  • Komodo Lodge & Homestay
  • Kanawa Beach Bungalows

Itulah sederet informasi menarik seputar keindahan Taman Laut Nasional 17 Pulau yang sangat cocok menjadi salah satu destinasi wisata terbaik. Taman laut ini menyuguhkan keindahan sekaligus kekayaan bawah laut yang bisa anda jelajahi serta tidak akan dapat dijumpai di beberapa tempat lain.

Baca Juga : 5 Daftar Taman Laut Terbaik dan Indah di Sulawesi

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *