1920x1080 Wallpaper

Johnnydeppreads.com – Sulawesi merupakan salah satu pulau utama terbesar di Indonesia yang mempunyai banyak kawasan objek wisata menarik. Bahkan, Sulawesi sendiri juga mempunyai kawasan taman laut terbanyak sehingga membuatnya layak dikunjungi. Berkunjung ke tempat wisata taman laut yang ada di Pulau Sulawesi sangat cocok ketika masa libur panjang, weekend ataupun pada saat anda sedang bertamasya bersama keluarga ke daerah ini.

Pulau Sulawesi bahkan mendapat anugerah sebagai salah satu dari sekian banyak tempat terindah di Indonesia bahkan di dunia sebab termasuk ke dalam daftar Coral Triangle. Terlebih, tidak dipungkiri lagi bahwa Sulawesi mempunyai keindahan alam bawah laut begitu menakjubkan yang membuatnya sering disambangi oleh banyak pengunjung lokal ataupun mancanegara.

Pemandangan indah alam bawah laut Sulawesi bahkan belum tentu bisa anda jumpai di tempat-tempat lain. Oleh karena itulah beberapa taman nasional laut di pulau ini sering menjadi rekomendasi destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Karena, berkunjung ke taman laut yang berada di Sulawesi akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan serta sangat memuaskan dengan sajian keindahan alam bawah lautnya.

Inilah 5 Daftar Taman Laut Terbaik dan  Menarik di Pulau Sulawesi

Wisata taman laut Indonesia sebetulnya tidak hanya dapat ditemukan di Sulawesi. Banyak daerah lain yang juga menyuguhkan kawasan wisata taman laut yang tak kalah indahnya. Akan tetapi, beberapa taman laut yang ada di pulau ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri sehingga layak untuk dicoba. Berikut adalah 5 daftar taman laut terbaik serta paling menarik yang berada di Sulawesi diantaranya:

  1. Taman Nasional Laut Bunaken

Siapa yang tak mengenal Bunaken, salah satu taman nasional laut terbaik yang ada di Sulawesi Utara ini sangat populer. Saking populernya, Taman Nasional Laut Bunaken ini bahkan setiap harinya selalu dikunjungi oleh para wisatawan, tidak hanya pengunjung lokal tetapi juga dari berbagai negara di dunia. Keindahan taman laut Bunaken sudah tidak perlu diragukan. Pasalnya, alam bawah laut Bunaken mempunyai beragam keindahan yang menakjubkan mulai dari adanya biota laut, terumbu karang dengan berbagai spesies hingga beragam jenis ikan.

Berkunjung ke Taman Nasional Laut Bunaken juga bisa membuat para pengunjung melakukan berbagai aktivitas seru. Beberapa diantaranya yang bisa dicoba antara lain seperti diving, snorkeling, wisata kuliner, hingga menjelajahi berbagi spot foto menarik dan indah untuk anda yang tertarik melakukan berbagai kegiatan fotografi selama berada di sana.

Taman Laut Bunaken sendiri disinyalir sebagai taman laut yang paling awal ada di Indonesia yang telah didirikan pada tahun 1991. Luas wilayah Bunaken mencapai 890 km persegi yang juga termasuk beberapa pulau kecil di dalamnya seperti Pulau Nian, Pulau Manado Tua dan lain sebagainya.

  • Taman Nasional Laut Taka Bonerate

Berikutnya ada Taman Nasional Laut Taka Bonerate yang juga tidak kalah menariknya dari Bunaken sebagai tempat wisata bahari yang ada di Sulawesi. Berdasarkan informasi yang dilansir dari situs Balai Taman Nasional Laut Taka Bonerate, taman laut ini sendiri ialah salah satu kawasan konservasi atau pelestarian alam dengan ekosistem asli.

Taman nasional ini mempunyai tujuan dan berfungsi untuk menunjang kegiatan observasi atau penelitian, budidaya, pariwisata, ilmu pengetahuan dan masih banyak lagi. Taman laut terbaik yang ada di Sulawesi ini bahkan merupakan wilayah atol terbesar ketiga yang ada di dunia. Selain itu, Taman Nasional Taka Bonerate mempunyai 15 pulau yang pasti akan sangat menyenangkan jika dikunjungi. Apalagi, beberapa kegiatan wisata seperti misalnya menyelam atau snorkeling sangat mudah anda lakukan di tempat ini.

  • Taman Nasional Laut Wakatobi

Selain Bunaken, Pulau Sulawesi juga sangat terkenal dengan Taman Nasional Laut indah yang sudah populer bahkan hingga ke mancanegara. Taman laut yang berada di Sulawesi Tenggara ini diketahui mempunyai keindahan alam bawah laut paling menakjubkan, bahkan tidak kalah menariknya dari Raja Ampat yang ada di Papua sekalipun.

Taman Nasional Laut Wakatobi sendiri pertama kali diresmikan yakni pada tahun 1996. Areanya mempunyai luas mencapai 1,39 juta hektar yang menawarkan keberagaman hayati laut yang bisa disaksikan secara langsung oleh setiap para wisatawan. Bahkan sampai saat ini, Taman Laut Wakatobi selalu jadi tujuan para wisatawan asing karena memiliki banyak spot diving indah dengan kehidupan bawah laut yang bisa dinikmati selama menyelam ataupun snorkeling.

Di taman nasional laut ini, karang adalah tempat prioritas utama konservasi laut di Wakatobi. Sepertimana halnya taman laut lain pada umumnya, Taman Nasional Laut Wakatobi juga menyajikan banyak sekali berbagai spesies ikan, terumbu karang hingga biota laut yang masih terjaga dengan baik. Anda bisa menjelajahi Taman Laut Wakatobi ini dengan mudah dari satu spot ke spot lain, terlebih tempat ini juga menyediakan berbagai penginapan seperti homestay ataupun hotel.

  • Taman Nasional Laut Kepulauan Togean

Taman Nasional Kepulauan Togean menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi karena karena terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Tak hanya terumbu karang, Taman Laut Kepulauan Togean juga menarik sebab menjadi habitat bagi banyak biota laut serta berbagai spesies ikan yang bahkan sangat langka dan tidak akan anda jumpai di kawasan lain.

Di Taman Laut Kepulauan Togean, setiap wisatawan dapat melakukan snorkeling dan diving yang menjadi kegiatan paling menarik yang ditawarkan di Pulau Kadidiri. Saat diving ataupun snorkeling, anda akan melihat lebih jelas konservasi biota laut lainnya yang tentu akan sangat memanjakan mata dengan disuguhi keindahan alam bawah laut.

Bukan  hanya pemandangan bawah lautnya, Taman Nasional Kepulauan Togean juga menawarkan keindahan hutan di daratannya. Selain itu, wisatawan juga bisa menjelajahi beberapa spot unik seperti Gunung Colo, berkunjung ke pemukiman masyarakat Kampung Bajo serta memilih spot terbaik untuk berfoto.

  • Taman Nasional Laut Bantimurung-Bulusaraung

Taman laut terbaik dan juga indah lainnya yang bisa anda sambangi di Pulau Sulawesi ialah Taman Nasional Laut Bantimurung-Bulusaraung. Taman nasional ini terdapat di Kabupaten Maros dengan mempunyai area seluas 43.750 hektar. Seperti taman laut lain, Taman Laut Bantimurung juga punya pemandangan alam bawah laut sangat indah serta menakjubkan.

Anda bisa mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada di taman laut satu ini mulai dari goa yang dihiasi oleh stalaktit ataupun tempat-tempat unik lain. Kegiatan seperti snorkeling dan menyelam juga bisa para wisatawan nikmati ketika berkunjung ke Taman Laut Bantimurung-Bulusaraung.

Nah, itulah beberapa daftar taman laut terbaik dan menarik yang ada di Pulau Sulawesi yang bisa dijadikan destinasi wisata recommended semasa liburan. Banyaknya spot terbaik dengan pemandangan bawah laut yang indah menjadikan Sulawesi sebagai daerah yang wajib dieksplor dengan beragam keindahan alamnya yang tidak akan anda temukan di beberapa tempat lain.

Baca Juga : Mengenal Keindahan Taman Laut Olele dengan Beragam Fakta Menariknya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *