Johnnydeppreads.com – Banyaknya taman laut di Indonesia membuktikan negara kita punya banyak kekayaan alam yang sangat melimpah. Setiap pulau-pulau di Tanah air baik pulau-pulau besar maupun kecil memiliki keindahan alamnya tersendiri. Termasuk beberapa keunikan potret aman laut di Pulau Jawa yang layak dieksplor karena mempunyai pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan serta luar biasa.

Berbicara taman laut, hal yang langsung ada dalam benak sebagian besar orang adalah Raja Ampat atau Bunaken. Namun, siapa sangka bawah di Pulau Jawa sendiri ada cukup banyak spot-spot taman laut unik dan menarik yang bahkan wajib menjadi tujuan destinasi wisata anda. Beberapa diantaranya menyuguhkan view bawah laut yang sangat menarik dengan banyaknya biota laut yang bervariatif hingga terdapatnya kumpulan terumbu karang yang menghiasi perairan sekitar.

Sejumlah taman laut utamanya yang ada di Indonesia senantiasa menawarkan keindahan alam yang menjadi daya tarik utama wisatawan. Pun demikian halnya yang bisa anda temukan ketika berkunjung ke beberapa wisata taman laut yang ada di Pulau Jawa, di mana anda dapat menyaksikan langsung kekayaan laut Nusantara sekaligus dapat melakukan segala macam aktivitas yang sangat menarik di dalamnya.

Terlebih, Pulau Jawa sendiri bukan cuma terkenal karena objek wisata pegunungannya. Bahkan di pulau utama yang padat penduduknya ini juga menawarkan sejumlah pantai dengan adanya pemandangan bawah laut yang sangat indah dan bahkan menjadi tujuan wisata banyak wisatawan. Keindahan bawah lautnya bahkan tidak kalah dengan Raja Ampat, Wakatobi ataupun Bunaken yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Berikut Deretan Taman Laut Terbaik di Pulau Jawa yang Wajib Dieksplor

Masyarakat yang khususnya berdomisili di Pulau Jawa mungkin sudah cukup familiar dengan beberapa spot taman laut yang indah di pulau ini. Meskipun tidak sedikit yang belum mengetahuinya selain daripada yang sudah terkenal sejak lama. Adapun berikut ini deretan taman laut terbaik yang berada di Pulau Jawa yang wajib dieksplor antara lain:

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal Badak Jawa yang sangat langka, tetapi juga merupakan taman laut terbaik yang di dalamnya terdapat beberapa pulau disertai pemandangan bawah air yang sangat luar biasa. Mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon, anda dapat melihat bagaimana kehidupan satwa liar, menjelajahi hutan dengan pepohonan yang rimbun hingga menyusuri indahnya pemandangan sungai dengan kano. Di tempat ini, pengunjung juga disediakan fasilitas snorkeling dan diving bagi yang ingin mengenal serta menyaksikan lebih jauh keindahan alam bawah laut Ujung Kulon.

  • Taman Laut Kepulauan Seribu

Tempat wisata taman laut yang terbaik di Pulau Jawa berikutnya sekaligus menjadi andalan masyarakat Jakarta yaitu Kepulauan Seribu. Siapa yang tak kenal Kepulauan Seribu, wilayah yang berada di utara Jawa ini memiliki pemandangan berupa gugusan pulau yang tentu sangat menakjubkan dan membuat siapa saja terkesan untuk mengunjunginya. Tak hanya pulau-pulaunya yang banyak di Kepulauan Seribu juga terdapat keindahan taman laut yang unik dengan dipenuhi oleh terumbu karang, variasi biota laut dan berbagai spesies ikan. Pantai-pantai di kepulauan ini bahkan menyuguhkan keindahan yang tak biasa dengan pasir pantai berwarna putih.

  • Pulau Sangiang

Pulau Sangiang berlokasi di Provinsi Banten serta letaknya yang tidak berada jauh dari Jakarta. Pulau yang satu ini terlihat masih alami karena cukup jarang disambangi oleh wisatawan, tidak seperti di beberapa taman laut lain yang sudah banyak diekspos. Selain memiliki pantai dengan keindahan pemandangan alamnya, Pulau Sangiang juga menyajikan pesona alam bawah laut sangat menakjubkan dengan keanekaragaman biota laut yang terdapat di dalamnya. Jika anda diving atau snorkeling di sekitaran laut Pulau Sangiang, anda bisa melihat langsung secara jelas keunikan ikan badut.

  • Kepulauan Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa menjadi salah satu taman laut terbaik dan terindah yang ada di Pulau Jawa. Menariknya dari tempat ini anda bisa menjelajahi setiap keindahan alam bawah laut dengan habitat beberapa satwa laut serta terumbu karang yang masih terjaga dengan sangat baik. Biasanya, hal yang tidak pernah ingin dilewatkan oleh para wisatawan saat berkunjung ke Karimunjawa ini yaitu aktivitas snorkeling dan diving supaya bisa menyaksikan lebih jelas keindahan bawah laut di pulau tersebut.

  • Taman Laut Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan sebetulnya merupakan pulau kecil yang terdapat di tengah-tengah selat bali yang masih termasuk dalam wilayah Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk mencapai pulau ini ada beberapa rute yang bisa pengunjung gunakan dari mulai Grand Watudodol, Kampe serta Bunder Basring. Berbeda dengan taman laut pada umumnya, Pulau Tabuhan mempunyai pemandangan air laut yang jernih dengan ombak yang tenang sehingga menjadikannya sebagai pulau dengan spot diving maupun snorkeling terbaik di Pulau Jawa.

  • Pantai Basring

Pantai yang berada di Kabupaten Banyuwangi ini merupakan sebuah tempat yang akan dilalui ketika anda ingin berkunjung ke Pulau Tabanan. Jika Pulau Tabanan dirasa terlalu jauh untuk anda kunjungi, maka alternatif terbaiknya bisa berhenti di Pantai Basring yang memiliki keindahan laut tidak kalah menariknya. Pemandangan bawah laut Pantai Basring ini bahkan juga bisa anda eksplor dengan menyelam dan snorkeling. Apalagi, tempat ini telah dijadikan sebagai kawasan konservasi berbagai spesies terumbu karang dengan menyajikan pemandangan alam bawah lautnya yang menakjubkan.

  • Pantai Tiga Warna

Dari namanya saja, Pantai Tiga Warna tentu menyimpan banyak keindahan yang membuat orang penasaran ingin mengunjunginya. Pantai ini terletak di Malang, Jawa Timur yang mana juga menawarkan keindahan taman laut dengan kehidupan unik yang ada di dalamnya. Keunikan lain dari Pantai Tiga Warna ini adalah pemandangan bawah air lautnya yang sangat eksotis, air laut jernih, deburan ombak yang cukup tenang, serta terumbu karang yang masih terjaga kealamiannya sehingga membuatnya sangat layak dikunjungi.

Keindahan Taman Laut di Pulau Jawa dengan Beragam Keistimewaannya

Pulau Jawa menjadi satu dari banyak daftar pulau terbesar di Indonesia yang menyuguhkan banyak sekali spot untuk wisata. Dengan garis pantainya yang panjang serta terdapatnya beragam pulau-pulau membuat pulau terpadat penduduknya ini mempunyai sejumlah taman laut yang menarik buat dikunjungi.

Seperti beberapa taman laut lain di Indonesia, beberapa taman laut di Pulau Jawa pun juga menawarkan keindahan alam bawah laut yang menjadi daya tariknya. Pengunjung bisa menemukan berbagai satwa laut, terumbu karang serta keindahan lain yang ada di dalamnya.

Keistimewaan dari taman laut di Pulau Jawa ini adalah kemudahan aksesnya. Bukan hanya dari jarak tempuhnya, melainkan untuk mengunjungi beberapa taman laut di pulau ini juga mudah dijangkau para wisatawan karena tarif masuknya yang tergolong murah namun menyediakan banyak sekali fasilitas terbaik yang bisa para pengunjung coba.

Baca Juga : Keindahan Taman Laut Wakatobi Berikut Aktivitas Menarik yang Wajib Dicoba

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *