Johnnydeppreads.com – Mengunjungi Sulawesi Tenggara tidaklah lengkap bila tidak menyambangi Wakatobi. Bagaimana tidak, Taman Laut Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata laut unggulan dan sekaligus menjadi surga bahari Sulawesi Tenggara. Tidak hanya populer di Indonesia, keindahan alam bawah laut Wakatobi bahkan membuatnya ikonik dan sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara.

Eksistensi Taman Laut Wakatobi yang sudah sangat mendunia tentu membuatnya sering dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Terlebih lagi, Wakatobi mempunyai alam bawah laut dengan kekayaan perairan yang pastinya jadi daya tarik tersendiri. Mengunjungi taman laut ini juga akan membuat para pengunjung puas karena bisa menjajal berbagai aktivitas seru dan menarik.

Seperti halnya Raja Ampat ataupun Bunaken, Taman Nasional Laut Wakatobi menjadi destinasi wisata yang masih terjaga kelesatarian alam bawah lautnya. Pasalnya, objek wisata ini mendapat perlindungan penuh dan penjagaan supaya ekosistem  yang ada di dalamnya terawat dengan baik tanpa ada kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan laut sekitar seperti perburuan ikan dengan penggunaan bom sianida dan lain sebagainya.

Wakatobi sendiri menjadi satu dari begitu banyak keindahan taman laut yang dimiliki negara Indonesia. Hadirnya objek wisata ini telah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal serta mengenalkan keindahan alam Wakatobi kepada dunia.

Beragam Keindahan Taman Laut Wakatobi

Dikenal sebagai salah satu wisata perairan terbaik, Wakatobi tentunya menyuguhkan berbagai keindahan alam laut dan sekitarnya. Alasan ini pula yang membuat sebagian besar para pelancong sangat tertarik ingin mengunjungi objek wisata laut yang terletak di Sulawesi Tenggara ini. Jika anda berkunjung ke Taman Laut Wakatobi, berikut beragam keindahan alamnya yang bisa anda saksikan secara langsung:

  1. Keragaman terumbu karang

Taman Laut Wakatobi sangat terkenal akan keindahan terumbu karangnya yang berwarna-warni dan sangat indah. Banyaknya spesies terumbu karang telah menghiasi laut Wakatobi menjadi lebih menakjubkan dan dianggap sebagai surganya para divers ataupun snorkelers. Keindahan terumbu karang laut Wakatobi bisa anda lihat secara langsung ketika menyelam / diving ataupun melakukan snorkeling, mengingat kondisi air lautnya yang sangat jernih.

  • Biota laut yang beragam

Tak hanya terumbu karang, biota laut yang terdapat di perairan Wakatobi juga sangat beragam. Berbagai biota laut yang bervariatif juga bisa  para pengunjung lihat dengan jelas secara langsung ketika snorkeling ataupun diving. Bahkan, keberagaman biota lautnya membuat Taman Laut Wakatobi mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat kaya serta menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

  • Spesies ikan

Selain biota laut yang sangat beragam, keindahan taman laut wakatobi juga semakin lengkap dengan ada banyaknya spesies ikan. Dari mulai ikan-ikan kecil sampai yang berukuran besar bisa anda jumpai dengan mudah ketika mengunjungi Wakatobi yang tentu memperkaya alam bawah lautnya.

  • Air laut yang jernih

Taman Laut Wakatobi sangat memanjakan mata para wisatawan karena menyajikan keindahan lautnya dengan kualitas air sangat jernih. Ini menjadi bukti bahwa air laut Wakatobi yang jernih sangat mendukung banyaknya biota laut yang hidup di sana. Bahkan, dengan air laut yang jernih dan segar bisa membuat para pengunjung mudah menyaksikan bagaimana keindahan alam bawah laut Wakatobi yang jarang dijumpai di tempat-tempat lain sekalipun.

Serangkaian Aktivitas Menarik di Taman Laut Wakatobi yang Wajib Dicoba

Keindahan alam yang tersaji di Taman Laut Wakatobi jelas sangat mendukung berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan setiap para wisatawan. Melakukan berbagai aktivitas menarik akan menambah banyak pengalaman memuaskan saat anda menapaki kaki di taman laut satu ini serta bisa menjadi momen yang tidak akan pernah terlupakan. Adapun serangkaian aktivitas menarik di Taman Laut Wakatobi yang bisa anda coba antara lain meliputi:

  • Menyelami keindahan bawah laut

Bicara Wakatobi tentu kurang lengkap bilamana tidak membahas keindahannya yang terdapat di alam bawah lautnya. Karena memang, keindahan bawah laut Wakatobi menjadi daya tarik yang mempesona bagi para pengunjung. Sepertimana yang dijelaskan bahwa keindahan bawah laut Wakatobi ini dapat dengan mudahnya anda nikmati dan rasakan secara langsung dengan cara diving maupun snorkeling.

  • Dolphin Watching

Atraksi wisata dolphin watching juga dapat anda nikmati sekaligus menjadi aktivitas seru yang layak untuk dicoba saat mengunjunginya. Kegiatan seru dan unik satu ini bisa anda jumpai di sekitaran Pulau Kapota yang hanya akan menempuh jarak perjalanan tak lebih dari 15-20 menit dari Pulau  Wangi-wangi dengan memanfaatkan kapal yang dapat anda sewa. Di sini, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang tak biasa yakni adanya kawanan lumba-lumba yang berenang dengan bebasnya di laut lepas. Adapun momen istimewa tersebut bisa anda nikmati setiap harinya mulai dari pukul 6.00 – 7.30 WITA.

  • Berburu spot foto terbaik di hamparan sabana

Tak hanya mempunyai spot diving yang beragam, Wakatobi juga menyajikan berbagai spot foto terbaik dan instagramable bagi yang ingin melakukan kegiatan fotografi. Salah satunya ada di Pulau Tomia yang menyuguhkan bentang alam padang sabana luas dengan namanya Puncak Khayangan. Puncak Khayangan sendiri terletak di timur Pulau Tomia dan menjadi tempat terbaik bagi anda yang ingin menikmati panorama hamparan beragam bukit hijau yang bergelombang serta berbatasan langsung dengan samudera.

  • Berkunjung ke Kampung Suku Bajo

Terlepas dari keindahan taman laut serta alam bawah lautnya yang indah, Wakatobi juga menyediakan akses buat para wisatawan untuk bisa berkunjung ke Bajo Mola, yakni kampung di mana Suku Bajo tinggal. Suku Bajo sendiri sangat familiar dengan sebutan “si pengembara lautan” yang amat legendaris. Karena memang, suku ini dikenal sangat pandai dalam membaca alam laut serta rasi bintang. Selain itu, berbeda dari kampung-kampung pada umumnya di mana Kampung Bajo Mola ini memiliki ciri khas dari teras dan pekarangannya yang berbentuk hamparan laut luas disertai dengan air yang sangat jernih.

  • Menikmati keindahan Danau Sombano

Danau Sombano merupakan salah satu bagian dari spot menarik Taman Nasional Laut Wakatobi yang bisa anda kunjungi. Bagi anda yang belum mengetahuinya, Danau Sombano yang berlokasi di Kaledupa ini merupakan habitat asli udang merah darah yang sangat ikonik di wilayah tersebut. Seperti laut Wakatobi, Danau Sombano juga mempunyai kualitas air yang bagus dan sangat jernih dengan keberagaman flora dan fauna hidup di sekitarnya.

  • Wisata sejarah Desa Liya Togo

Sisi lain dari Taman Laut Wakatobi yang juga bisa anda kunjungi yaitu Desa Liya Togo yang berada di Wangi-wangi. Wilayah ini dulunya pernah menjadi bagian dari Kesultanan Buton di mana mempunyai daya tarik berbeda tapi tak kalah menakjubkan. Di Desa Liya Togo, pengunjung dapat berkeliling menyaksikan deretan rumah adat warga Buton yang bernama Banua Tada dengan bentuk rumah panggung serta atap rumbia.


Baca Juga : Menjelajahi Keindahan Wisata Taman Laut Raja Ampat yang Sangat Memukau

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *