Johnnydeppreads.com – Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat, salah satu wisata taman laut yang terkenal keeksotisan pemandangan serta alam bawah lautnya. Raja Ampat menyimpan begitu banyak pesona alam paling memukau bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara. Keindahan Taman Laut Raja Ampat memang telah membuat banyak turis asing mengunjunginya dan jadi salah satu objek wisata paling populer dan terbesar yang ada di Indonesia.

Lokasi Raja Ampat sendiri berada di salah satu kabupaten di Provinsi Papua Barat. Meskipun berada jauh di wilayah timur Indonesia, namun tidak pernah sedikit pun membuat para wisatawan yang mengurungkan niatnya mengunjungi tempat indah ini. Pasalnya, perjalanan jauh dan panjang akan terbayar lunas ketika wisatawan sampai dan berada di Raja Ampat yang menyuguhkan pesona alam sangat menakjubkan.

Raja Ampat seringkali jadi pilihan favorit para pelancong karena memang tempatnya yang berada jauh dari hiruk pikuk metropolitan. Apalagi sebagai wisata taman laut, Raja Ampat memiliki pemandangan alam bawah laut yang unik dan menarik dengan ekosistem yang masih terjaga. Pasalnya, Raja Ampat mendapat perlindungan penuh agar tidak adanya aktivitas manusia yang dapat menyebabkan kerusakan alam sekitarnya.

Pesona Keindahan Raja Ampat

Penggemar snorkeling dan diving tentu sangat cocok berkunjung ke Taman Laut terbaru sebab menyuguhkan indahnya alam bawah laut dengan air laut yang sangat jernih. Bahkan, menurut informasi yang dilansir dari laman resmi Wonderful Indonesia, sebanyak 75% spesies terumbu karang di seluruh dunia telah hidup di kepulauan Raja Ampat.

Wisata Taman Laut Raja Ampat punya kekayaan serta keunikan spesies sangat tinggi dengan ditemukannya berbagai biota laut, jenis ikan, moluska, terumbu karang dan  masih banyak lagi. Semua biota maupun spesies binatang laut bisa anda saksikan dengan jelas saat anda melakukan snorkeling maupun menyelam atau diving.

Untuk lebih jauh menjelajahi keindahan alam bawah laut Raja Ampat, terdapat banyak sejumlah spot yang populer dan menjadi tempat terbaik untuk menyelam. Beberapa diantaranya meliputi:

Siapapun mengakui bahwa keindahan bawah laut Raja Ampat ini sangat mempesona, terutama bagi yang sudah pernah berkunjung ke taman laut yang berada di Papua Barat ini. Bukan hanya pemandangan bawah lautnya saja, bahkan pemandangan dari atas permukaan lautnya pun juga tidak kalah memukaunya. Di mana, para wisatawan bisa melihat indahnya panorama serangkaian pulau-pulau indah dengan gradasi air laut biru yang selama ini menjadi ikon taman laut ini yang sangat terkenal.

Selain itu, keindahan alam Raja Ampat kian lengkap dengan adanya kebudayaan serta kesenian unik khas desa Raja Ampat. Hingga saat ini, Desa Raja Ampat sudah menjadi sebuah desa wisata yang paling terkenal, salah satunya seperti Desa Arborek.

Tidak hanya itu, pesona Raja Ampat juga bisa dilihat dari beragam peninggalan sejarah yang ada di kepulauan yang mempunyai relevansi dengan kesultanan Tidore, Maluku. Adapun beberapa jenis peninggalan yang tersohor antara lain yaitu sebagian penduduk atau warga lokal yang mempunyai darah keturunan Tidore, dan yang kedua adalah adanya deretan gua-gua yang di dalamnya terdapat lukisan tangan manusia purba yang tentu saja sangat unik serta menarik.

Dengan segala keunikannya tersebut, tidak dipungkiri bahwa Raja Ampat menjadi pilihan destinasi wisata yang paling favorit bagi banyak pelancong. Selain bisa menikmati keindahan alam bawah laut, anda juga bisa menambah wawasan dengan mengetahui sejarah Raja Ampat hingga membuatnya jadi objek wisata yang terkenal di Indonesia maupun mancanegara.

Rekomendasi Wisata Taman Laut Raja Ampat

Berkunjung ke Raja Ampat tidak akan lengkap jika tidak mencoba beberapa rekomendasi tempat wisata menarik yang ada di dalamnya. Adapun beberapa rekomendasi wisata Taman Laut Raja Ampat yang menarik serta paling layak untuk dikunjungi antara lain meliputi:

  1. Pulau Misool

Pulau Misool merupakan bagian dari pulau yang mempunyai pesona keindahan alam dengan air lautnya yang jernih dan terlihat nuansa biru jika dilihat dari atas. Keindahan Pulau Misool nampak jelas dari bukit-bukit, rawa bakau, hutan lebat dan beberapa spot lainnya. Sementara itu di bagian barat dan timur pulau ini, ada labirin batu kapur berwarna turquoise yang sangat cantik.

  • Star Lagoon

Star Lagoon atau Laguna Bintang menjadi tempat menarik lain yang layak anda kunjungi ketika berada di kawasan Taman Laut Raja Ampat. Wisata yang satu ini terdapat di Pulau Planemo yang tentu saja berbentuk menyerupai bintang sepertimana namanya. Topografinya yang unik tersebut membuat tempat ini jadi spot yang paling menarik dan seringkali dikunjungi oleh wisatawan. Terlebih, di Laguna Bintang ini kian menarik dengan dikelilingi oleh deretan pulau kecil indah yang bisa para pengunjung nikmati dari atas ketinggian bukit.

  • Desa Arborek

Desa Arborek sangat terkenal sebagai satu di antara banyak tempat wisata terbaru, terlebih karena desa ini merupakan desa wisata yang sangat menarik baik dari pemandangannya hingga sejarahnya yang panjang. Ketika mengunjungi desa ini, anda dapat menikmati indahnya hamparan pasir putih beserta deretan pohon kelapa di sekitaran pulau, bahkan mirip seperti yang anda lihat di film-film animasi. Desa Arborek mempunyai daya tarik tersendiri sebab setiap penduduknya yang sangat ramah tamah terutama ketika menyambut kedatangan para wisatawan. Di desa ini pula anda dapat menyaksikan langsung kesenian dan tradisi penduduk lokal lewat penampilan tradisional tarian khas Papua.

  • Air Terjun Kiti Kiti

Raja Ampat memang sangat kaya akan keanekaragaman alamnya. Selain pulau, pantai ataupun bawah lautnya yang terkenal, di Raja Ampat juga terdapat air terjun yang sangat memukau dan menarik yakni Air Terjun Kiti Kiti. Air terjun ini punya keunikan yang mana airnya mengalir langsung ke laut lepas. Tak hanya itu, anda pun juga dapat melihat indahnya pantai yang berada di bawah air terjun pada saat airnya tengah surut. Keindahan Air Terjun Kiti Kiti bahkan semakin lengkap dengan adanya berbagai jenis ikan maupun terumbu karang cantik yang berada di bawah laut serta bisa disaksikan secara langsung oleh wisatawan.

  • Pulau Kofiau

Selain Pulau Misool, Pulau Kofiau di Raja Ampat juga menjadi salah satu dari banyak pulau yang terkenal menarik dan unik. Pengunjung bahkan sering menyambangi pulau satu ini karena menyimpan keindahan terumbu karang disertai hamparan pasir putih yang berada di sepanjang pesisir pantai. Bukan itu saja, pulau ini juga punya keunikan tersendiri sebab sebab setiap wisatawan dapat menemukan sejumlah bukit vulkanik yang tertutup hutan hujan serta batu kapur karang.

Masih banyak sebetulnya rekomendasi wisata Taman Laut Raja Ampat yang bisa anda jelajahi selain dari beberapa yang disebutkan di atas. Beberapa diantaranya bahkan menjadi identitas dan ciri khas dari Raja Ampat yang memang tidak terdapat di tempat-tempat lain manapun.

Baca Juga : Mengenal Keindahan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, Surga Tersembunyi di Indonesia

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *