Johnnydeppreads.com – Indonesia menjadi salah satu negara yang di dalamnya terdapat banyak taman bawah laut menarik. Bahkan, beberapa taman laut di Tanah Air menawarkan keindahan alam sangat menakjubkan sehingga tidak sedikit membuat para wisatawan bersedia untuk mengunjunginya meski harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Namun, semua itu akan terbayar ketika berada di taman laut yang sanggup memberikan pengalaman paling memuaskan dan luar biasa.

Negara kita tentu sangat identik dengan adanya beragam taman laut karena merupakan negara perairan yang sangat luas. Beberapa daerah bahkan memiliki taman laut terbaik dengan keunikannya masing-masing yang menyuguhkan objek wisata baru bagi yang sudah terlalu bosan menikmati pegunungan. Dengan banyaknya spot terindah yang terdapat di sejumlah taman bawah laut terbaik di Indonesia, anda bisa menjajal berbagai kegiatan menarik selama berada di lokasi.

Selain itu, beberapa taman bawah laut khas Indonesia memiliki banyak keunggulan yang sangat menarik bahkan dibanding dengan yang ada di sejumlah negara lain manapun di dunia. Oleh karenanya, tidak heran apabila objek wisata laut Indonesia selalu dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan lokal melainkan juga selalu didatangi para wisatawan asing dari mancanegara.

Satu hal yang pasti bahwa dengan banyaknya keindahan taman laut Indonesia menjadikan negara salah satu yang memiliki kekayaan alam dengan ekosistem yang baik. Terlebih, di beberapa taman nasional bawah laut selalu mendapat perlindungan dan penjagaan yang ketat guna meminimalisir adanya kegiatan ilegal dari manusia yang dapat merusak ekosistem laut.

Daftar Taman Laut Terbaik dengan Spot Terindah di Indonesia yang Sangat Recommended untuk Dikunjungi

Seperti yang kita ketahui, negara Indonesia terdiri dari begitu banyak pulau yang menjadikannya memiliki banyak wisata perairan laut. Bahkan saking banyaknya, tentu tidak semua tempat bisa dijamah dengan mudah dalam waktu sebentar. Meski sedemikian banyaknya, namun tentu ada beberapa taman laut terbaik yang paling direkomendasikan di Indonesia karena diketahui mempunyai spot terindah dan  bisa menyuguhkan pengalaman paling menarik.

Anda pun juga akan menemukan taman bawah laut terbesar dengan spesies terumbu karang yang paling banyak di dunia, salah satunya yakni di Taman Nasional Bunaken. Bukan hanya itu, beberapa tempat lain pun juga menyuguhkan banyak keunikan yang tidak akan membuat orang menyesal atau bosan berkunjung ke beberapa taman wisata laut yang ada di Tanah Air. Adapun beberapa contoh daftar taman laut terbaik dengan spot terindah di Indonesia yang sangat recommended anda kunjungi diantaranya seperti:

  1. Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido, Papua
  2. Taman Wisata Perairan Pulau Pieh, Sumatera Barat
  3. Taman Wisata Perairan Laut Sawu, NTT
  4. Taman Wisata Perairan Laut Kepulauan Kapoposang, Sulawesi Selatan
  5. Taman Wisata Perairan Laut Banda, Maluku
  6. Taman Wisata Perairan Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau
  7. Taman Nasional Bali Barat, Bali
  8. Taman Nasional Derawan, Kalimantan Timur
  9. Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah
  10. Taman Nasional Taka Bonerate, Sulawesi Selatan
  11. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua
  12. Taman Nasional Kepulauan Seribu, Jakarta
  13. Taman Nasional Raja Ampat, Papua
  14. Taman Nasional Karimunjawa, Jawa Tengah
  15. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara
  16. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara
  17. Taman Nasional Komodo, NTT

Selain nama-nama di atas, tentu saja masih banyak taman bawah laut terbaik dan unik yang ada di Indonesia yang layak buat anda kunjungi. Beberapa taman laut terbaik di Indonesia bahkan juga menyuguhkan banyak spot terbaik yang bisa dijajal oleh para pengunjung entah itu untuk berfoto, kegiatan snorkeling, diving dan berbagai hal menarik lain yang dapat dilakukan.

Keunggulan Taman Laut Indonesia

Beberapa taman laut khususnya yang berada di Indonesia memang mempunyai keunikan serta keunggulan sangat menarik. Makanya, wajar apabila banyak dari para wisatawan mancanegara pun tertarik berkunjung ke beberapa taman bawah laut terkenal di Tanah Air. Bahkan, beberapa keunggulan di dalamnya menjadi nilai jual bagi para wisatawan dan mungkin sangat sulit dijumpai di tempat-tempat lain termasuk di luar negeri sekalipun.

Dengan banyaknya keunggulan yang tersaji di objek wisata taman laut di Indonesia membuatnya sangat terkenal dan selalu dipenuhi para pengunjung terutama pada masa libur panjang. Sementara itu, untuk beberapa keunggulan paling menarik dari taman laut Indonesia diantaranya yaitu:

  • Memiliki area terluas

Jika semua taman laut di Indonesia digabung seluruhnya, mungkin akan memiliki area taman bawah laut yang paling luas di dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri memang terdapat begitu banyak wisata taman laut yang tersebar di setiap daerah dari ujung barat hingga ke ujung paling timur Nusantara. Karena alasan inilah para wisatawan tertarik menyambangi objek wisata laut Indonesia sebab bisa bereksplorasi lebih.

  • Spesies terumbu karang terbanyak di dunia

Keunggulan taman laut Indonesia tidak hanya terletak pada luas wilayahnya saja, namun juga merupakan salah satu yang mempunyai spesies terumbu karang terbanyak di dunia. Hal itu bisa dibuktikan salah satunya pada Taman Laut Bunaken di mana disinyalir sebagai taman bawah laut dengan spesies terumbu karang paling banyak di dunia dengan lebih dari 50-an jenis spesies yang membuatnya unik serta menarik.

  • Kualitas air laut yang jernih

Setiap spot taman laut yang ada di Indonesia mempunyai kualitas air laut yang jernih sebagai bagian dari keunggulannya. Karena itulah, melakukan aktivitas diving maupun snorkeling di taman bawah air Indonesia bisa membuat para wisatawan puas karena bisa dengan lebih mudah melihat dan menyaksikan keanekaragaman hayati maupun keindahan bawah laut Indonesia.

  • Keragaman biota laut dan spesies ikan

Sudah bukan rahasia umum bilamana sebagian besar wilayah taman air Indonesia memiliki keragaman biota laut dan juga spesies ikan yang bervariatif. Hal ini sekaligus juga menjadi bukti bahwasannya negara kita memiliki kekayaan alam bawah laut yang sangat menarik dengan ekosistem yang masih terjaga sampai sekarang. Beberapa diantaranya dijaga ketat dan memperoleh perlindungan supaya keragaman  hayati di dalamnya tidak punah atau rusak.

  • Harga tiket masuk relatif rendah

Satu hal yang juga menjadi keunggulan dari taman laut di beberapa wilayah yang ada di Indonesia yakni harga tiket masuknya yang mudah dijangkau semua orang. Pasalnya, kebanyakan kawasan taman bawah laut di Indonesia menawarkan harga tiket yang relatif rendah. Bayangkan saja, untuk harga tiket masuk ke Taman Nasional Bawah Laut Bunaken saja yang notaben paling populer dan terbesar di Indonesia hanya sebesar Rp. 5.000 saja untuk WNI.

Serangkaian informasi menarik terkait taman laut Indonesia telah menjadi bukti kuat bahwasannya negara kita tidak hanya memiliki kekayaan darat dengan banyaknya pegunungan. Di lain sisi, perairan Indonesia juga sangat kaya dengan keanekaragaman hayati bawah laut yang tidak akan pernah dijumpai di tempat lain.

Baca Juga : Pesona Keindahan Taman Bawah Laut Bunaken yang Layak Dijelajahi

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *