Johnnydeppreads.com – Sebagian besar orang khususnya di Indonesia pasti sudah cukup familiar dengan Bunaken, salah satu taman bawah laut yang menakjubkan dengan sejuta keindahannya. Taman Laut Bunaken sendiri berada di Provinsi Sulawesi Utara yang tidak hanya tersohor di dalam negeri bahkan hingga ke mancanegara. Makanya, tidak sedikit wisatawan asing yang mengunjungi Taman Bawah Laut Bunaken pada waktu-waktu tertentu sebab memang terkenal akan keindahan alam bawah lautnya.

Taman Bawah Laut Bunaken jadi salah satu bukti negara Indonesia punya aset alam sangat berharga yang mengindikasikan sebuah kekayaan ekosistem laut. Taman wisata air satu ini bahkan memiliki banyak hal menarik dan keunikan yang tidak akan pernah dijumpai di daerah lain, termasuk di luar negeri sekalipun.

Oleh karenanya, dengan segala keindahan alam bawah lautnya yang menakjubkan, tidak jarang Bunaken selalu menjadi salah satu tempat wisata yang paling rekomendatif untuk dijelajahi. Tak hanya sekedar menikmati indahnya pemandangan laut, di taman bawah laut ini pula menjadi tempat yang paling cocok untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti misalnya snorkeling ataupun diving.

Informasi Menarik Seputar Taman Laut Bunaken

Taman Nasional Bunaken sendiri resmi didirikan pertama kali pada tahun 1991 yang merupakan area konservasi ekosistem laut. Taman bawah laut ini pada tahun 2005 masuk ke dalam daftar warisan dunia sebagai salah satu lembaga internasional telah mengakui bahwa Bunaken memiliki kekayaan biota laut dan memberikan taman laut ini bantuan perlindungan. Artinya, beberapa aktivitas manusia yang ilegal dan biasanya sering dilakukan di perairan seperti penangkapan ikan dengan bom sianida dapat dikenakan hukum atau pidana karena tindakan tersebut berpotensi besar merusak ekosistem.

Sebagai salah satu ekowisata, Taman Laut Bunaken memiliki keindahan alam bawah laut yang masih terjaga sangat baik. Di sini, para wisatawan dapat menemukan banyak spesies terumbu karang, biota laut dan berbagai macam spesies ikan yang sangat menarik. Bagi beberapa masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya, melihat gambar Bunaken di internet seringkali menyangka bahwa itu merupakan  tempat di luar negeri.

Dengan keindahan bawah laut dan kekayaan alamnya yang menakjubkan, tidak salah apabila selama ini Taman Nasional Laut Bunaken menjadi tujuan utama destinasi wisata bagi banyak orang. Tidak hanya warga lokal, wisatawan dari berbagai negara pun selalu berbondong-bondong mengunjungi taman laut ini karena punya keunikan ekosistem yang khas.

Adapun Taman Laut Bunaken sendiri terdapat di Manado, Sulawesi Utara yang bisa ditempuh menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Marina Blue Banter yang akan memakan waktu kurang lebih 20-30 menit. Selain itu, untuk harga tiket masuk Taman Nasional Laut Bunaken berbeda untuk WNI dan WNA. Di mana, harga tiket masuk untuk wisatawan Indonesia hanya sebesar Rp. 5.000 saja sedangkan untuk turis asing harga tiketnya sebesar Rp. 150.000.

Rangkaian Keunikan Taman Bawah Laut Bunaken

Mengunjungi Taman Laut Bunaken tentu akan membuat anda puas karena banyak hal menarik dan keunikan yang dapat dijumpai di dalamnya. Dengan banyaknya ragam hal menarik tersebut akan memberikan pengalaman terbaik  yang sangat memuaskan ketika mengunjungi taman laut ini. Adapun rangkaian keunikan Taman Bawah Laut Bunaken diantaranya meliputi:

  1. Daerah Bawah Laut Terkaya

Siapa sangka bahwa Bunaken adalah salah satu daerah bawah laut terkaya di dunia, makanya tidak heran jika kawasan ini sangat dilindungi dan dijaga ketat. Hal tersebut pula yang membuat Bunaken memiliki kekayaan alam bawah laut dengan kualitas yang sangat baik karena tidak adanya aktivitas manusia yang merusak ekosistem.

Di Bunaken sendiri, anda bisa menyaksikan secara langsung keindahan alam bawah laut khas Indonesia. Bahkan, sebanyak hampir 70% spesies biota laut di dunia dapat anda jumpai di Taman Laut Bunaken. Selain itu, untuk terumbu karang sendiri di taman laut ini terdapat sebanyak 58 spesies yang tentu sangat beragam. Bahkan dibanding tempat lain, Taman Bawah Laut Bunaken merupakan kawasan dengan koleksi terumbu karang yang paling lengkap serta paling menakjubkan di dunia.

  • Ekosistem Darat yang juga Memukau

Keindahan Bunaken tidak hanya terdapat di bawah laut, bahkan ekosistem daratnya juga sangat memukau dengan garis pantai Bunaken yang tidak kalah indahnya. Jika anda ingin merasakan indahnya pasir putih pantai, tentu bisa direalisasikan dengan mengunjungi pantai Bunaken tepatnya di Pulau Siladen dan Pulau Bunaken.

Selain terkenal dengan pasir pantainya yang putih, Taman Nasional Bunaken juga akan menemukan berbagai hewan laut layaknya udang dan kepiting. Kemudian, di sepanjang pantai terdapat sejumlah tumbuhan meliputi pohon palem, kelapa, sagu, silar, woka dan lain sebagainya. Dengan berbagai macam pohon tersebut tentu menyuguhkan kesejukan serta keteduhan bagi setiap pengunjung terutama pada saat terik matahari.

  • Diving

Kebanyakan taman laut memang menghadirkan kegiatan menyelam atau diving kepada para pengunjungnya. Pun demikian halnya dengan Bunaken, namun yang berbeda di taman laut ini setiap wisatawan akan disuguhkan oleh pengalaman menyelam yang lebih memuaskan dengan banyaknya terumbu karang yang indah.

Bahkan yang lebih menarik, di taman laut ini disediakan sebanyak 20 spot diving dengan 12 diantaranya ada di pulau utama yakni Bunaken. Dengan kualitas air laut yang jernih, anda juga bisa melihat secara jelas bagaimana indahnya pemandangan bawah laut Bunaken selama diving.

  • Bisa Memberi Makan Ikan

Tidak semua orang senang dengan aktivitas menyelam atau memiliki sertifikasi diving. Namun, hal tersebut tidak perlu membuat anda kecewa karena dengan berkunjung ke Taman Laut Bunaken, masih banyak kegiatan lain yang tidak kalah unik dan menarik untuk dicoba, seperti salah satunya bisa memberi makan ikan.

Akan tetapi, hal tersebut bukan berarti sepenuhnya anda  tidak dapat menyaksikan bawah laut Bunaken. Pasalnya, anda cukup melakukan snorkeling sehingga tetap bisa melihat keunikan hewan laut beserta terumbu karang di area laut dengan perairan yang dangkal.

  • Berinteraksi dengan Paus dan Lumba-lumba

Uniknya menjelajahi kawasan Taman Laut Bunaken, setiap wisatawan bisa berinteraksi dengan paus dan lumba-lumba yang tentu akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan menarik di tempat ini. Mamalia laut berukuran besar tersebut bisa pengunjung jumpai tepatnya di perairan Teluk Manado serta Pulau Siladen.

Untuk membawa anda ke tengah laut, anda cukup menyewa perahu saja yang disediakan di tempat tersebut. Dengan demikian, lumba-lumba dan paus bisa anda lihat secara langsung  dan akan biasa nampak pada pukul 7.00 – 9.00 WIB ataupun pada malam hari dari mulai jam 18.00 WIB.

Dengan banyaknya keunikan serta pesona keindahan yang dihadirkan oleh Taman Bawah Laut Bunaken, tempat ini bisa menjadi destinasi wisata yang paling menarik dan  layak dikunjungi. Apalagi, segala hal menarik yang ada di Bunaken tidak akan anda temukan di taman laut lain manapun.

Baca Juga : Deretan Taman Laut Terbaik di Indonesia dengan Keindahan Alam Bawah Lautnya

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *