Johnnydeppreads.com – Taman laut telah menjadi sebuah identitas Indonesia sebagai negara kepulauan dan perairan terbesar di dunia. Bahkan, negara kita mempunyai banyak taman laut terbaik yang indah dan terkenal akan alam bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Tak hanya itu, beberapa taman laut di Indonesia bahkan menjadi spot yang paling recommended untuk para wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut, melakukan kegiatan menarik hingga olahraga air seperti snorkeling dan diving.

Di Indonesia sendiri tidak hanya terkenal dengan Raja Ampat, Bunaken ataupun Wakatobi. Lebih dari itu, ada banyak pula deretan taman laut terbaik yang menjadi tempat terbaik yang layak dikunjungi karena menawarkan keindahan alam bawah laut yang tidak kalah menakjubkan. Dengan garis pantai yang panjang, Indonesia mempunyai wisata pantai dan taman laut yang tentu beragam dengan keunikannya masing-masing.

Sejumlah taman laut terbaik dengan keindahan alam bawah lautnya yang ada di Indonesia tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menarik. Bahkan, beberapa tempat tersebut jadi daya tarik wisatawan karena terdapat banyak hal-hal luar biasa seperti terumbu karang, deruan ombak yang indah bahkan biota laut dan spesies ikan juga melengkapi keindahan taman laut yang berada di Indonesia.

Inilah Deretan Daftar Taman Laut Terbaik dengan Keindahan Alam Bawah Lautnya yang Ada di Indonesia

Banyaknya taman laut yang ada di Indonesia memberikan lebih banyak rekomendasi tempat menarik yang layak dikunjungi dan bisa dicoba para wisatawan selain Raja Ampat, Bunaken ataupun Wakatobi. Karena, di tempat-tempat menarik ini juga menyuguhkan pemandangan alam bawah air yang menakjubkan dan mampu memberikan pengalaman yang sangat memuaskan.

Meskipun demikian, sejumlah taman laut di Indonesia juga tidak sulit untuk diakses atau dikunjungi. Terlebih, pihak pengelola sendiri telah menyediakan berbagai macam fasilitas yang sesuai dengan  apa yang paling dibutuhkan oleh setiap pengunjung. Adapun deretan taman laut terbaik dengan keindahan alam bawah lautnya yang ada di Indonesia diantaranya:

  1. Taman Nasional Bali Barat, Bali

Taman Nasional Bali Barat merupakan sebuah taman laut menarik yang berada di Pulau Dewata. Keindahan alam bawah lautnya menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata yang menarik karena akan membuat wisatawan puas selama berada di tempat ini. Taman Nasional Bali Barat sendiri memiliki terumbu karang sangat indah serta telah menjadi habitat bagi sejumlah spesies ikan hingga biota laut lainnya.

  • Taman Laut Anambas, Kepulauan Riau

Taman Laut Kepulauan Anambas terletak di Kepulauan Riau, terdiri dari sebanyak 255 pulau kecil sangat indah. Letaknya yang berada di kepulauan membuat taman perairan ini dipenuhi dengan keindahan alam bawah lautnya seperti adanya berbagai macam spesies ikan, terumbu karang serta biota laut lain yang sangat menakjubkan.

Selain terkenal dengan keindahan alam perairannya, Taman Laut Anambas di Kepulauan Riau ini juga mempunyai kondisi air laut dan ombak yang indah. Bahkan, hal tersebut sangat menunjang bagi para wisatawan yang ingin menikmati olahraga air seperti diving maupun snorkeling.

  • Taman Wisata Perairan Laut Banda, Maluku

Taman Wisata Perairan Laut Banda merupakan salah satu objek wisata laut menarik dan terkenal yang ada di Maluku. Keindahan alam bawah laut tempat ini tidak perlu diragukan lagi karena para pengunjung bisa melihat keindahan termbu karang hingga spesies ikan dan biota lautnya yang sangat beragam karena areanya yang juga sangat luas.

Berbeda dengan di beberapa taman laut lain, di Taman Wisata Perairan Laut Banda ini mempunyai terumbu karang yang sangat beragam sehingga menjadi salah satu habitat bagi beberapa makhluk laut. Lebih dari itu, tempat ini juga menawarkan pengalaman paling menarik buat para pengunjung di mana bisa menikmati kekayaan budaya beserta sejarah di Banda Neira.

  • Taman Laut Kepulauan Kapoposang, Sulawesi Selatan

Di Provinsi Sulawesi Selatan, ada salah satu taman laut terbaik dengan keindahan alam bawah lautnya yang terkenal yakni Taman Laut Kepulauan Kapoposan. Taman perairan satu ini dipenuhi dengan beberapa pulau kecil yang mana juga dikelilingi perairan biru sangat jernih dengan terumbu karang yang paling indah dan spektakuler.

Satu di antara banyak daya tarik yang ditawarkan Taman Laut Kepulauan Kapoposang ini ialah snorkeling dan diving. Dengan begitu, para pengunjung bisa langsung merasakan dan menikmati keindahan alam bawah laut dengan mudah sebab mengingat kedalaman lautnya yang relatif dangkal.

  • Taman Laut Sawu, NTT

Selain Taman Nasional Komodo, di Nusa Tenggara Timur juga ada tempat terbaik dan menarik lain yang bisa dikunjungi seperti salah satunya yaitu Taman Wisata Perairan Laut Sawu. Perairan yang jernih  mengelilingi deretan pulau kecil di tempat ini sehingga semakin membuatnya menarik, terlebih karena terdapat pula sejumlah terumbu karang indah yang menghiasinya.

Taman Laut Sawu sendiri juga menawarkan salah satu daya tarik utama seperti terumbu karang serta sejumlah spesies ikan ataupun biota laut yang hidup di dalamnya. Tentu saja, setiap pengunjung sangat bisa menikmati keindahan alam bawah laut Sawu ini dengan melakukan diving serta snorkeling.

  • Taman Laut Pulau Pieh, Sumatera Barat

Berikutnya ada Taman Wisata Perairan Pieh yang ada di Provinsi Sumatera Barat. Taman laut satu ini jadi salah satu yang terbaik yang menawarkan keindahan terumbu karang serta beberapa pulau kecil yang bisa dijelajahi. Taman Laut Pulau Pieh menawarkan keindahan alam bawah laut yang menawan dengan keanekaragaman hayati laut tempat ini yang begitu luar biasa.

Menjajal Taman Laut Pulau Pieh juga akan memberikan pengalaman yang unik serta memuaskan di mana anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang begitu menarik dan indah. Tidak sedikit pula dari beberapa pengunjung atau wisatawan berkunjung ke tempat ini untuk melakukan olahraga diving dan juga snorkeling. Aktivitas lain yang juga layak dicoba di taman laut ini seperti berjemur di pantai, berenang hingga beberapa kegiatan lain yang juga bisa memuaskan pengunjung.

  • Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido, Papua

Tidak kalah dengan Raja Ampat, Taman Wisata Perairan Kepulauan Padaido di Papua ini juga menyuguhkan pemandangan alam bawah laut sangat indah dan juga menawan. Ada sekitar 15 pulau yang bisa anda temukan di taman laut ini yang tersebar di antara Selat Padaido dan Selat Sagawin. Kekayaan hayati di tempat ini sangat beragam dengan adanya keberadaan hewan laut seperti paus biru, hiu paus, lumba-lumba hingga beberapa jenis spesies lainnya.

Banyaknya taman laut terbaik di Indonesia membuat siapapun bisa mengeksplor pengetahuan terkait kekayaan alam Indonesia dari sektor perairan. Bahkan, terdapatnya taman wisata perairan telah mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat dan menyumbang pendapatan negara. Nama Indonesia juga kian terkenal di Indonesia karena banyaknya taman laut atau wisata perairan dengan keanekaragaman hayatinya yang tidak akan dijumpai di beberapa negara lain.

Baca Juga : Destinasi Taman Laut Terindah di Indonesia Cocok untuk Spot Diving

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *