Johnnydeppreads.com – Sebagai sebuah negara kepulauan terbesar dengan perairan yang luas, Indonesia mempunyai kekayaan alam  bawah laut sangat menakjubkan. Dari mulai keindahan terumbu karang, beragam spesies ikan hingga biota laut lain beserta beragam keunikannya yang sangat langka telah menjadi daya tarik bagi banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Keindahan taman laut di Indonesia tidak jarang sering dijadikan kegiatan diving ataupun snorkeling karena sangat menunjang. Hal ini bisa anda temukan di beberapa destinasi taman laut terindah yang paling populer dan sangat recommended di Tanah Air.

Tak hanya menjadi tempat wisata menarik, beberapa taman laut terindah yang ada di Indonesia juga menjadi sarana dalam melestarikan, menjaga maupun mempertahankan ekosistem laut di mana saat ini kian terancam karena diakibatkan aktivitas manusia. Apalagi, sejumlah destinasi taman laut terbaik ini bisa menjadi wisata air yang luar biasa dan akan memberikan pengalaman paling memuaskan.

Sejumlah Destinasi Taman Laut Terindah dan Menarik yang Ada di Indonesia

Apabila ingin menikmati keindahan bawah laut, Indonesia menyuguhkan berbagai pilihan taman laut yang sangat cocok buat para wisatawan kunjungi. Berbagai macam aktivitas menarik bisa anda lakukan dengan  mudah, terutama bagi yang gemar snorkeling ataupun diving. Berikut sejumlah destinasi taman laut terindah di Indonesia yang cocok buat dijadikan sebagai spot diving:

  1. Taman Nasional Komodo, NTT

Taman Nasional Komodo dikenal sebagai tempat menarik dan satu-satunya yang menjadi rumah bagi hewan komodo, yakni spesies kadal terbesar di dunia yang hanya ada di tempat ini. Tak hanya itu, Taman Nasional Komodo yang berada di Nusa Tenggara Timur ini juga sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, spektakuler serta terdapat terumbu karang indah dengan berbagai macam spesies ikan yang bervariatif.

  • Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Siapa yang tidak kenal Bunaken, salah satu Taman Nasional terbaik dan menjadi unggulan yang ada di Indonesia, tepatnya berada di Provinsi Sulawesi Utara. Di taman laut ini sudah sangat familiar dengan keindahan alam bawah lautnya sehingga tak jarang para pelancong yang berkunjung ke taman laut tersebut untuk sekedar berwisata maupun melakukan berbagai aktivitas seperti diving.

Hal yang unik lain dapat anda jumpai ketika mendatangi Taman Nasional Bunaken yaitu keanekaragaman terumbu karang yang indah dan menjulang tinggi dari dasar laut. Hal tersebut menjadikan taman laut ini sebagai salah satu tempat paling ideal untuk menyelam maupun snorkeling.

  • Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi berlokasi di Provinsi Sulawesi Tenggara yang sudah lama menjadi salah satu destinasi taman laut terkenal di Indonesia. Keindahan alam bawah lautnya menjadikan Wakatobi tempat yang tidak boleh terlewatkan bagi para pecinta diving. Adapun di taman nasional ini terdapat empat pulau utama yang terdiri dari Binongko, Kaledupa, Tomia serta Wangi-wangi.

Dikenal  sebagai salah satu lokasi diving terbaik karena Taman Laut Wakatobi menyuguhkan keindahan terumbu karangnya yang begitu spektakuler. Taman laut ini juga semakin menarik dan menakjubkan karena dilengkapi oleh banyak biota laut yang hanya akan anda jumpai di tempat ini saja.

  • Taman Nasional Karimunjawa, Jawa Tengah

Jawa Tengah mempunyai salah satu Taman Nasional dengan alam bawah laut yang luar biasa, yakni Taman Nasional Karimunjawa. Taman laut ini terdiri atas 27 pulau indah yang sangat menawan dengan berbagai hal menarik lain yang bisa para wisatawan temukan di dalamnya.

Di Taman Nasional Karimunjawa, para pengunjung atau wisatawan bisa menikmati alam bawah lautnya yang terkenal sangat indah. Aktivitas seperti snorkeling dan diving juga bisa dilakukan di tempat ini karena kondisi alamnya yang mendukung. Bahkan, Karimunjawa juga menawarkan keindahan alam lain seperti adanya hutan bakau hingga padang rumput yang hijau.

  • Taman Nasional Raja Ampat, Papua

Taman Nasional Raja Ampat di Papua ini merupakan satu dari sekian banyak taman laut terbesar yang ada di Tanah Air. Diketahui bahwa Raja Ampat adalah taman laut dengan pemandangan alam yang paling indah di Indonesia, bahkan juga sangat terkenal ke mancanegara. Makanya, tidak jarang kita sering menjumpai beberapa wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung ke Raja Ampat karena memang menjadi surganya taman laut.

Terumbu karang yang terdapat di Taman Laut Raja Ampat sangat indah serta beragam. Tempat ini pula yang menjadi habitat untuk berbagai macam spesies ikan beserta biota laut lain yang cuma bisa anda jumpai di tempat ini. Karena keindahan alam bawah lautnya tersebut, kebanyakan pengunjung Raja Ampat selalu tidak melewatkan untuk melakukan olahraga air seperti diving dan snorkeling.

  • Taman Nasional Kepulauan Seribu, Jakarta

Jika Papua memiliki Raja Ampat, Jakarta punya Kepulaun Seribu yang menjadi salah satu destinasi taman laut terbaik yang ada di Indonesia. Taman Nasional Kepulauan Seribu sendiri terletak di sebelah utara daratan wilayah Jakarta yang membentuk gugusan pulau kecil sangat indah.

Sebagai salah satu taman laut dengan keindahan alam taman laut yang menakjubkan, Kepulauan Seribu juga mempunyai kekayaan alam yang indah seperti terumbu karang, beragam spesies ikan yang berwarna-warni, berbagai biota laut hingga pemandangan air yang luar biasa. Taman laut inipun juga sering dijadikan spot terbaik oleh para wisatawan yang ingin melakukan diving atau snorkeling.

  • Taman Nasional Teluk Cenderawasih, Papua

Papua tidak hanya terkenal dengan Raja Ampat, tetapi juga mempunyai Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang merupakan taman laut terbaik yang ada di sana. Alam bawah laut Taman Nasional Teluk Cenderawasih yang indah membuatnya jadi destinasi wisata bagi para pelancong lokal maupun luar negeri.

Taman Nasional Teluk Cenderawasih juga menjadi salah satu tempat terbaik di mana anda dapat menyaksikan secara langsung keberadaan hiu paus dan menjadi daya tarik utama tempat ini. Bukan hanya itu, taman laut ini juga semakin indah dan menakjubkan karena selalu dihiasi dengan berbagai terumbu karang dan biota lautnya yang unik.

  • Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Destinasi taman laut terindah lain yang ada di Indonesia dengan menyuguhkan spot diving terbaik yaitu Taman Nasional Kepulauan Togean yang berada di Sulawesi Tengah. Terumbu karang yang terdapat di taman laut ini cukup luas serta indah sehingga tak sedikit para turis lokal maupun asing yang menyambangi tempat ini.

Di Taman Nasional Kepulauan Togean, berbagai spesies ikan dan biota laut unik juga bisa anda temukan dengan mudah. Keindahan alam bawah lautnya menjadikan taman laut ini sebagai tempat paling cocok menikmati alam bawah laut.

Demikian sederet destinasi taman laut terindah di Indonesia yang layak dikunjungi dan bisa menjadi spot diving terbaik. Dengan banyaknya taman laut yang terdapat di negara kita tentu mengindikasikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya.

Baca Juga : Destinasi Taman Laut Terindah di Indonesia Cocok untuk Spot Diving

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *