Johnnydeppreads.com – Selain pegunungan, biasanya orang yang ingin berwisata juga tertarik mengunjungi keindahan perairan di Indonesia, seperti misalnya dengan memilih taman laut. Di Indonesia sendiri, beberapa spot taman laut menjadi tujuan para wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburannya dengan menikmati panorama bawah laut ataupun sekedar mencari spot foto terbaik. Namun, anda yang berencana ingin melakukan kegiatan wisata ke taman laut juga perlu mengetahui beberapa tips pentingnya.

Mengetahui beberapa tips penting wisata taman laut tentu saja agar dapat lebih memudahkan anda selama berada di kawasan wisata. Tidak hanya itu, anda pun bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa memberikan pengalaman begitu memuaskan. Apalagi biasanya, beberapa taman laut yang ada di Tanah Air berada di tempat-tempat yang jauh sehingga memerlukan akses yang ekstra.

Kendati membutuhkan waktu dan perjalanan yang lebih, tetapi dengan mengunjungi taman laut dengan segala keindahannya bisa membayar semua rasa lelah anda. Bahkan, sejumlah kawasan wisata bahari yang ditawarkan negeri kita punya kekayaan alam melimpah di mana bisa anda lihat secara langsung ketika menikmati alam bawah laut.

Maka itulah, untuk bisa membuat anda lancar dalam melakukan perjalanan wisata bahari dengan mengunjungi taman laut, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan. Selain kenyamanan, faktor keamanan dan keselamatan juga wajib diprioritaskan selama anda menjalankan kegiatan pariwisata.

Beberapa Contoh Kawasan Wisata Taman Laut Terbaik untuk Dikunjungi

Indonesia sebagai negara kepulauan dengan perairan sangat luar pasti mempunyai banyak kawasan taman laut yang bisa dikunjungi. Setiap taman laut mempunyai fungsi dan manfaat sangat penting dalam kehidupan terutama dalam menjaga habitat serta ekosistem bawah laut. Karena itulah, tidak salah bilamana setiap kawasan taman nasional atau taman laut di Indonesia memiliki penjagaan yang sangat ketat dan monitoring supaya dapat mencegah bilamana adanya ancaman yang bisa merusak keindahan bawah laut dan sekitarnya.

Tak hanya berfungsi untuk menjaga keanekaragaman hayati bawah laut, tentu dengan adanya taman laut ini juga menjadi objek wisata terbaik dan menarik serta menjadi nilai jual negara Indonesia yang menarik di mata dunia. Adanya kawasan wisata bahari juga telah menumbuhkan secara signifikan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar serta menyediakan banyak lowongan pekerjaan karena biasanya dikelola langsung pemerintah setempat.

Nah, bagi anda yang ingin merasakan keseruan dan pengalaman menarik wisata bahari, ada beberapa kawasan taman laut terbaik dengan spot-spot terindah yang layak dikunjungi. Beberapa bahkan ada  yang sudah terkenal sampai ke mancanegara sebab keindahan alamnya yang masih terjaga dengan sangat baik. Berikut ini ada beberapa contoh kawasan wisata taman laut terbaik di Indonesia yang layak dikunjungi seperti:

  1. Taman Nasional Laut Pulau Komodo
  2. Taman Laut Bunaken
  3. Taman Laut Olele
  4. Taman Laut Karimunjawa
  5. Taman Laut Raja Ampat
  6. Taman Laut Wakatobi
  7. Taman Laut Labuan Bajo
  8. Taman Laut Nasional 17 Pulau
  9. Taman Laut Kepulauan Togean
  10. Taman Laut Kepulauan Seribu
  11. Taman Nasional Teluk Cendrawasih
  12. Taman Laut Taka Bonerate
  13. Taman Laut Derawan
  14. Taman Nasional Bali Barat
  15. Taman Laut Kepulauan Anambas
  16. Taman Wisata Perairan Laut Banda
  17. Taman Laut Kepulauan Kapoposang
  18. Taman Wisata Perairan Laut Sawu
  19. Taman Laut Pulau Pieh
  20. Taman Laut Kepulauan Padaido

Dengan banyaknya kawasan taman nasional serta taman laut di Indonesia, tentu kita bisa dengan mudah melakukan perjalanan wisata bahari dengan memilih kawasan yang paling sesuai dan terdekat dengan daerah masing-masing. Meskipun tidak menutup kemungkinan anda ingin mengunjungi taman laut yang jauh sekalipun guna memperoleh pengalaman yang luar biasa.

Inilah Tips Wisata Taman Laut yang Penting bagi Para Traveler

Menyambangi objek wisata taman laut sebetulnya bisa kapan saja dengan mudah dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, anda yang ingin mencobanya perlu mengetahui beberapa tips penting seperti menyiapkan apa saja hal-hal yang diperlukan selama mengunjungi tempat favorit anda. Inilah beberapa tips wisata taman laut yang sangat penting bagi para traveler diantaranya:

  • Budget yang harus disiapkan

Untuk mengunjungi wisata bahari biasanya hal paling penting adalah menyiapkan berapa budget yang diperlukan. Pasalnya, anda tidak hanya akan membayar tiket masuk ke kawasan objek wisata saja, tetapi juga akan mengeluarkan biaya tambahan lain jika pun diperlukan seperti misalnya menyewa penginapan, membayar ongkos perjalanan, biaya makan, bahkan uang untuk menyewa ataupun membeli perlengkapan alat untuk menyelam dan snorkeling.

  • Menentukan waktu perjalanan

Hal terpenting yang juga tidak boleh anda lupakan ketika ingin melakukan kegiatan wisata taman laut yakni menentukan kapan anda akan melakukan perjalanan. Biasanya, ada beberapa waktu-waktu tertentu yang paling ideal untuk anda bepergian ke beberapa destinasi wisata bahari tergantung keinginan, kondisi serta kebutuhan anda. Jika anda ingin menikmati keindahan laut dengan lebih puas tanpa banyak pengunjung lain, waktu yang tepat untuk anda pilih yaitu pada masa weekday atau hari-hari selain sabtu dan minggu. Akan tetapi, jika hal tersebut tidak memungkinkan, anda bisa menentukan di weekend, waktu di mana biasanya orang libur kerja atau sekolah.

  • Memilih penginapan

Biasanya, mengunjungi serta menjelajahi kawasan wisata taman laut tidak cukup hanya satu hari dan akan memerlukan waktu berhari-hari untuk bisa lebih mengeksplor seluruh tempat di sekitarannya. Maka dari itu, hal terpenting buat para wisatawan yaitu memilih penginapan yang nanti diperlukan untuk beristirahat. Memilih penginapan maupun  hotel sudah lebih mudah karena anda bisa booking secara langsung lewat aplikasi tanpa harus mencari terlebih dahulu lokasi penginapannya.

  • Kondisi fisik dan kesehatan

Melakukan perjalanan wisata bahari dengan jarak tempuh yang lumayan jauh tentu akan menuntut kondisi prima dan kebugaran bagi setiap wisatawan. Oleh karena itu, pastikan bahwa kondisi fisik dan kesehatan anda dalam keadaan baik sebelum memulai perjalanan. Hal ini dimaksudkan supaya anda bisa lebih maksimal dalam menikmati kegiatan pariwisata serta menghindari berbagai hal-hal yang tak diinginkan terutama yang berkaitan dengan kesehatan.

  • Jumlah anggota yang ikut

Bepergian dengan mengunjungi kawasan taman laut akan lebih lengkap jika mengajak teman maupun keluarga. Hal tersebut karena dengan berangkat bersama lebih banyak orang bisa menikmati keindahan alam dan berbagi kebahagiaan. Maka dari itu, pastikan dan tentukan pula berapa anggota yang anda ingin ajak berwisata kemudian pastikan siapa saja yang hendak berangkat bersama anda.

Nah, itu tadi informasi menarik terkait beberapa tips penting wisata taman laut yang perlu diketahui para wisatawan sebelum memulai keberangkatan. Keindahan taman laut Indonesia yang bak surga menjadi destinasi wisata yang paling menarik untuk dikunjungi dengan banyaknya hal-hal unik serta menarik bisa anda temukan di dalamnya.


Baca Juga : Kepulauan Padaido, Spot Wisata Taman Laut Terbaik di Timur Indonesia

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *