Johnnydeppreads.com – Indonesia mempunyai perairan yang sangat luas selain dengan pulau-pulaunya yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke. Tentu saja, dengan perairannya yang terhampar luas dengan diisi banyak pulau membuat negara kita memiliki sejumlah taman laut dengan keindahan bawah lautnya yang menakjubkan. Salah satu yang layak dieksplorasi dan anda kunjungi ketika hendak berwisata bahari ialah Kepulauan Padaido.

Kepulauan Padaido yang berlokasi di Timur Indonesia tepatnya Papua merupakan kawasan wisata taman laut yang indah dan menarik dengan banyak pulau di sekitarannya. Letaknya yang berada di Papua menjadikan taman laut ini sebagai alternatif destinasi wisata bahari terbaik lain selain Raja Ampat. Karena, Kepulauan Padaido pun memiliki pemandangan perairan tidak kalah menariknya dari Raja Ampat atau kawasan objek wisata taman laut lain di Nusantara.

Wilayah Padaido sendiri membentuk gugusan pulau di mana taman laut ini terdiri atas sebanyak 15 pulau. Setiap pulau tersebut tersebar di sekitaran Selat Padaido dan juga Selat Sagawin. Meskipun tidak sebegitu terkenal seperti Raja Ampat ataupun Wakatobi, nyatanya Taman Laut Kepulauan Padaido ini dikenal punya kekayaan hayati sangat tinggi dan menarik. Hal tersebut juga termasuk adanya keberadaan beberapa satwa laut yang menjadi habitatnya.

Sampai saat ini, kawasan Taman Laut terbaru Kepulauan Padaido memperoleh perhatian serta perlindungan lebih dari masyarakat sekitar maupun pemerintah setempat. Hal ini aktif dilakukan untuk mencegah kerusakan ekosistem dan segala kehidupan di dalamnya. Karena tidak sedikit masih banyaknya kegiatan manusia yang dapat merusak lingkungan bawah laut seperti di tempat-tempat lain.

Keunikan Satwa Laut Penghuni Kawasan Taman Laut Kepulauan Padaido

Sebagai salah satu taman laut dengan area cukup luas dan besar, Taman Laut Kepulauan Padaido tentunya mempunyai beragam banyak satwa laut unik dan menjadi habitatnya. Karena keunikan faunanya ini sangat memungkinkan sekali bahwa taman laut ini bisa menjadi salah satu destinasi objek wisata bahari yang sangat begitu menarik untuk dijelajahi.

Beragam satwa laut yang menghuni wilayah Taman Laut Kepulauan Padaido ini bisa anda lihat lebih jelas dengan diving dan snorkeling ketika anda berada di tempat ini. Karena, taman laut ini pun juga menyediakan cukup banyak spot-spot terbaik yang bisa para pengunjung tentukan untuk kegiatan diving sekaligus menyaksikan betapa indahnya kehidupan bawah laut Kepulauan Padaido.

Saat berkunjung ke Taman Laut Kepulauan Padaido, anda akan menjumpai beberapa fauna yang tinggal di bawah laut seperti di antaranya paus biru, lumba-lumba hingga hiu paus. Di tempat ini, anda juga dapat menemukan beberapa jenis spesies ikan lain dari yang berukuran kecil sampai yang terbesar. Termasuk juga beberapa biota laut yang menghiasi perairan Kepulauan Padaido. Anda bisa memotret beberapa satwa laut unik tersebut untuk diabadikan. Terlebih, lingkungan bawah laut kepulauan ini mudah terlihat dari atas permukaan sebab didukung dengan air lautnya yang jernih.

Lokasi Taman Laut Kepulauan Padaido

Taman Laut Kepulauan Padaido berlokasi di Timur Tenggara Pulau Biak yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan arah utara daratan Pulau Papua. Lebih spesifiknya, taman laut ini terletak di bagian ujung luar Teluk Cenderawasih.

Kepulauan Padaido sendiri secara administratif masuk ke dalam wilayah Kabupaten Biak Numfor yang berada di Provinsi Papua. Wilayah ini terbagi ke dalam dua kecamatan yang diantaranya yaitu Kecamatan Aimando Padaido dan Kecamatan Padaido. Selain itu, lokasi yang terdekat di sekitar taman laut ialah Pulau Auki. Di mana, pulau tersebut hanya berjarak sekitar antara 5 hingga 6 mil laut dari wilayah Pelabuhan Bosnik yang berada di Biak Timur.

Pesona Keindahan Taman Laut Kepulauan Padaido

Setelah dinyatakan dan diketahui sebagai salah satu wisata taman laut terbaik yang tersembunyi di Indonesia, pastinya ada banyak pesona keindahan yang ditawarkan oleh taman laut ini. Hal demikianlah yang membuatnya menjadi destinasi wisata menarik yang layak dikunjungi saat ini terutama pada saat menghabiskan waktu liburan. Untuk meyakinkan anda lebih tertarik buat mengunjunginya, simak beberapa pesona keindahan Taman Laut Kepulauan Padaido seperti berikut ini:

  • Banyaknya pulau

Seperti namanya, Kepulauan Padaido memang kaya akan pulau-pulaunya yang sangat banyak. Di antara banyaknya pulau terdapat pulau-pulau yang berukuran kecil hingga besar sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wilayah ini. Diperkirakan ada sekitar 30an lebih pulau kecil yang terdapat di area taman laut kawasan Padaido dan pulau Auki menjadi yang terpanjang dengan panjangnya mencapai 5 kilometer.

Selain itu, beberapa pulau lainnya ada yang mempunyai panjang 3 hingga kilometer bahkan lebih kecil daripada itu. Dengan keunikan dari banyaknya pulau tersebut membuat wilayah Kepulauan Padaido menarik bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

  • Pulau yang sepi

Karena banyaknya pulau yang ada di kawasan taman laut ini, tentunya ada beberapa yang tidak berpenghuni bahkan sepi. Anda tidak akan menemukan keriuhan sepertimana halnya di pulau-pulau lain sehingga menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing dan menenangkan diri sejenak. Sementara itu, untuk pulau yang berpenghuni di kawasan ini sebagian besarnya didominasi oleh beberapa pulau yang ukurannya lebih besar seperti Pulau Nusi, Wundi, Pai dan Pulau Auki. Sisanya tidak berpenghuni dan jika pun ada merupakan wisatawan.

  • Keanekaragaman biota laut

Dikenal sebagai salah satu surga bawah laut tersembunyi, Taman Laut Kepulauan Padaido tentu mempunyai keanekaragaman biota laut yang cukup bervariatif. Bahkan, Padaido jadi salah satu yang terbesar biota lautnya dan membuatnya menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Diperkirakan bahwa Kepulauan Padaido sendiri masih menyimpan banyaknya kekayaan bahari dan tidak kalah dari taman laut lain di Indonesia.

Hal tersebut pun juga dapat dibuktikan dengan adanya 95 spesies karang laut serta coral yang teridentifikasi, ratusan spesies ikan serta sekitar 7 spesies mangrove. Dengan luasnya yang mencapai lebih dari 9.000 hektar, tidak salah apabila wilayah Kepulauan Padaido ini jadi surga bagi banyak biota laut.

  • Kehidupan masyarakat Padaido

Kepulauan Padaido sendiri menjadi rumah bagi masyarakat penduduk asli Padaido. Mereka terkenal akan keramahtamahannya sehingga membuat para wisatawan yang mengunjunginya merasakan sambutan yang hangat. Di sini, anda pun dapat menjumpai keunikan dari masyarakat Kepulauan Padaido yang memiliki tradisi dan budaya tersendiri. Penduduk Padaido juga dikenal turut aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan bawah laut sehingga membuat wilayah tersebut mempunyai ekosistem yang masih terjaga dengan sangat baik.

  • Lumba-lumba yang sangat ikonik

Keindahan Taman Laut Kepulauan Padaido semakin lengkap dengan adanya kawanan lumba-lumba yang juga mendiami wilayah perairan ini. Anda bisa menyaksikan uniknya kawanan lumba-lumba yang menari di sekitaran perairan tersebut dan akan menambah pengalaman seru saat mengunjunginya. Terlebih, warga lokalĀ  meyakini bahwa konon lumba-lumba tersebut adalah nenek moyang mereka sehingga tidak pernah sekalipun ditangkap.

Baca Juga : Eksotisme Taman Laut Kepulauan Derawan, Destinasi Wisata Bahari Unik di Borneo

By idwnld8

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *